Sabtu, 14 April 2012

Perencanaan dan Kegiatan audit internal

Perencanaan audit harus disusun dengan mempertimbangkan risiko yang dihadapi organisasi yang akan diauditnya. Dalam hal ini, auditor internal harus memanfaatkan output dari hasil penilaian risiko dalam perancangan program audit. Oleh karena itu, auditor perlu memahami proses berikut alat yang digunakan dalam penilaian risiko tersebut. Yang dimaksud dengan penilaian risiko adalah kegiatan identifikasi dan analisis terhadap risiko yang relevan dalam upaya pencapaian tujuan organisasi sebagai dasar untuk menentukan cara pengelolaan risiko tersebut. 
Auditor internal berkepentingan untuk menilai pengendalian yang ada pada aktivitas/operasional organisasi, sehingga bila risiko teridentifikasi, maka auditor dapat menentukan prosedur pengendalian yang seharusnya ada untuk memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai, dan bila risiko tersebut tidak tertangani dengan baik, maka auditor dapat menentukan rekomendasi yang tepat bagi manajemen untuk memperbaiki pengendalian/operasionalnya. Lebih spesifik, dalam konteks audit keuangan, penilaian risiko berguna untuk menentukan risiko audit yang terdiri atas risiko inheren/bawaan, risiko pengendalian, dan risiko pendeteksian. Sebelum melaksanakan pekerjaan audit, terlebih dahulu auditor internal harus menyusun rencana audit secara sistematis. Rencana audit tersebut berfungsi sebagai :
1)      Pedoman pelaksanaan audit
2)      Dasar untuk menyusun anggaran
3)      Alat untuk memperoleh partisipasi manajemen
4)      Alat untuk menetapkan standar
5)      Alat pengendalian
6)      Bahan pertimbangan bagi akuntan publik yang diberi penugasan oleh perusahaan.
bahan lain dari Brink's Modern internal audit bisa didownload disini
 Kalau sudah terbuka di tab baru, tunggu sampai ada tulisan "SKIP AD" di sebelah kanan atas trus klik tulisanx n sudah bisa didownload pake' ziddu....

1 komentar:

  1. Halo Kak Riska.. Link untuk terjemahan Brink's "Fraud detection and prevention" tidak bisa dibuka.. tulisan "SKIP AD" nya tidak muncul, tulisannya cuma "please wait" saja..
    Apa Kak Riska bisa tolong buatin link baru, atau kirimin terjemahannya ke email saya?
    Thx

    BalasHapus

 

Accounting Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare